Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan aplikasi perangkat lunak bergerak
Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan
aplikasi perangkat lunak bergerak
Blender
Software animasi pertama yang akan kita bahas adalah Blender. Tentu kalian
yang sudah lama berkecimpung di dunia animasi sudah tidak asing dengan software animasi
yang satu ini.
Blender
merupakan sorftware animasi 3D yang bisa digunakan secara
gratis dan merupakan software open source. Blender sudah banyak
digunakan oleh para animator profesional untuk menghasilkan karya 3D yang
sangat luar biasa. Software ini merupakan software
multi-platform yang bisa digunakan pada platform Linux, Windows dan
Mac.
Banyak fitur
keren yang ditawarkan oleh Blender meliputi :
· Rendering dengan menggunakan Cycles, pelacak jalur kelas atas
· Tools Modelling yang sangat banyak, seperti sculpting,
retopology, modelling, curve
· Animasi tools yang dan Rigging yang cepat
· VFX yang dilengkapi dengan Compositor yang terpasang lengkap dan
Camera yang siap mengikuti object.
· Dilengkapi dengan alat simulasi yang kuat
· Support dengan banyak format file
· Terdapat tools standart untuk mengedit video, membuat
game 3D, dan scripting
· UI Blender sangat fleksibel dapat disesuiakan dengan keinginan kita
KeyShot
Satu lagi
software animasi 3D yang bisa kalian gunakan secara gratis adalah
KeyShot. KeyShot adalah perangkat lunak rendering 3D yang cepat dan mudah
digunakan dengan kemampuan animasi. Selain untuk animasi 3D software ini
juga bisa digunakan untuk membuat animasi 2D.
Salah satu keunggulan yang ditawarkan
oleh KeyShot adalah real-time rendering sehingga menampilkan
hasil secara instan dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat produk
yang realistis.
KeyShot memiliki
sejumlah fitur untuk mendukung animasi dan rendering 3D seperti:
· Real-time Render Quality yang
memberikan hasil rendering yang maksimal
· Flesibel akses menggunakan mouse maupun denganjari (untuk model touch
screen)
· Kontrol kamera yang memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan perilaku
kamera dunia nyata
· Tekstur yang dinamis untuk mensimulasikan tampilan lanskap didunia nyata
· Focus Caustics untuk memastikan objek
diterangi dengan benar
Toon Boom Harmony
Logo Toon Boom Harmony
Toon Boom
merupakan salah satu software animasi 2D yang banyak cukup
terkenal dikalangan para animator khususnya dikalangan animator luar
negeri. Toon Boom merupakan software animasi 2D yang bisa
dibilang cukup "ramah" bagi pemula karena antarmuka dan tools yang
tidak terlalu sulit untuk digunakan namun akan menjadi luar biasa saat
digunakan oleh profesional.
Dikutip
dari toonboom.com, software ini seringkali digunakan
oleh Universal Studio, Nelvana, Catoon Network, Dream Works,
Tezuka Production, Toei Animation, dan masih banyak studio animasi yang
menggunakan software ini. Jumlah alat dan opsi yang
tersedia di Toon Boom Harmony menjadikannya salah satu software animasi
2D terbaik.
Beberapa fitur
bagus yang ditawarkan Toon Boom Harmony , meliputi :
· tersedia tools brush dan pallete warna
untuk gambar vector maupun bitmap
· tersedia fitur animasi frame-by-frame
· kontrol yang lebih kreatif ketika mengintegrasikan elemen 3D dengan
karakter 2D
· dilengkapi dengan efek khusus, compositor, dan angle kamera
· buat asset game 2d dengan mudah
· kompatibel dengan berbagai format pipelines.
OpenToonz
Software OpenToonz ini merupakan software open source sehingga
kita bisa memodifikasi kode software ini sesuai dengan
kebutuhan kita. OpenToonz termasuk dalam salah satu jajaran software animasi
2D yang bisa dinikmati secara gratis alias free tidak
peduli tujuan penggunaannya komersial atau tidak.
Software ini bahkan sering digunakan studio-studio animasi seperti Studio
Gibli (The Secret World of Arrietty), Studio Ponoc (Mary and The Witch's
Flower), Kamikaze Douga (Batman Ninja), dan Studio Madhouse (OKKO'S
Inn).
Fitur yang ditawarkan
oleh software OpenToonz ini meliputi :
· Menghasilkan cahaya yang mendramatisir
· Mengubah gaya gambar
· Membuat distorsi bergelombang
· Pindai empat jenis gambar berbeda di dalam produk
Moho Pro 12
Moho Pro 12 yang sebelumnya memiliki nama Anime Studio Pro merupakan
salah satu software animasi 2D untuk profesional. Software ini
digunakan pada animasi pemenang penghargaan OSCAR seperti The
Breadwinner dan Song of the Sea.
Software ini menawarkan sistem rigging 2D paling bagus dan
mengkombinasikan dengan alat animasi tradisional (frame-by-frame),
memungkinkan untuk mendapatkan hasil profesional yang lebih mudah dan lebih
cepat.
Fitur khusus yang
ditawarkan oleh Moho Pro 12 meliputi :
· Desain antarmuka yang intuitif
· Smart Bones, Smart Warp, Bezier untuk
mengoptimalkan animasi
· Profesional Timeline
· Frame-by-frame tools
· Motion tracking
· Motion graphs
-
Proses disain grafis : Animasi
4 PROSES
PEMBUATAN ANIMASI :
1. Storyboard
Dalam storyboard,
seorang animator membuat alur cerita dari awal sampai penting. Pembuatan
storyboard sangatlah penting untuk proses selanjutnya ketika produksi, apalagi
jika pembuatan animasi dilakukan secara berkelompok. Pembuatan storyboard
selain mengenai alur cerita, tapi juga mengenai ekspresi ketika beradegan,
komunikasi dalam bentuk apapun, dan juga detil-detil lain yang bersifat
menjelaskan jalannya cerita. Storyboard yang bagus akan berpengaruh pada
efektifitas pembuatan animasi secara keseluruhan, penting!
2. Desain
karakter
Setelah alur
cerita sudah dibuat, karakter yang bermain di dalamnya harus mulai dibuat.
Seperti disebutkan diatas, ekspresi menjadi penting bagi sebuah karakter.
Seringkali animator melakukan pengambilan gambar dengan video untuk melihat
refeerensi ekspresi. Tipsnya adalah, pastikan setiap ekspresi atau sikap dapat
tergambar jelas, antara kalian ambil gambarnya sendiri atau mencari referensi
ekspresi atau kegiatan serupa melalui Youtube.
3. Masa Produksi
Dalam masa
produksi, banyak yang perlu dilakukan. Yang pertama adalah membuat frame kunci
dan in between. Frame kunci (keyframe) adalah gambar sketch yang berisikan
gambaran besar suatu cerita, sedangkan in between adalah penyempurnaan gambar
keyframe dengan menambahkan gerakan objek dalam cerita tersebut.
Setelah gambar
sudah jadi di komputer, maka proses selanjutnya adalah melakukan pewarnaan pada
objek-objek dalam setiap frame.
4. Editing dan
finishing
Nah dalam tahap
terakhir, dilakukan tahap seperti menggabungkan frame-frame yang sudah dibuat,
lalu memberikan suara (jika diperlukan) dan melakukan editing pada video yang
sudah jadi. Penyesuaian dalam video editing yang diperhatikan seperti durasi,
dubbing, transisi antar frame, dan lain-lainnya.
Komentar
Posting Komentar