Pemrograman GUI pada java

Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.
Macam-macam GUI :

1. AWT (Abstract Window Toolkit) – SUN Microsystem -> Oracle Product

AWT (Abstract Window Toolkit) ini adalah GUI Toolkit pertama pada bahasa pemrograman Java, sayang-nya AWT ini sangat-sangat kekurangan komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi desktop secara lengkap (komponen tabel saja tidak ada ) Terlepas dari kurang-nya komponen GUI yang terdapat pada AWT (Abstract Window Toolkit), aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) akan tampak seperti aplikasi native.
2. SWT (Standart Widget Tookit) – IBM Product -> Eclipse Foundation

SWT (Standart Widget Toolkit) ini adalah sebuah GUI Toolkit yang dikeluaran oleh IBM sebagai alternatif dari AWT/Java Swing milik SUN Microsystem, yang membedakan antara SWT (Standart Widget Toolkit) dan AWT/Java Swing adalah SWT ini benar-benar mengakses native GUI library yang terdapat pada Sistem Operasi melalui JNI (Java Native Interface).

3. QtJambi – Trolltech -> Nokia Product -> Stopped and Taken By Community
QtJambi ini merupakan binding Qt Framework dengan bahasa Java

4. avaGNOME – Community Product
 JavaGNOME ini juga mengakses native library tetapi API yang digunakan adalah API dari GTK. Untuk teman-teman yang sudah terbiasa membangun aplikasi menggunakan Glade, maka teman-teman bisa men-design form-nya menggunakan Glade dan memanggil-nya menggunakan bahasa java melalui JavaGNOME.

berikut ini contoh program GUI pada java

/**
 *
 * @author Aldika_
 */
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

public class textfield extends Frame
{
 Label info;
 TextField f1, f2;
 Button b;

 public static void main(String[] args)
 {
  textfield aplikasi  = new textfield();
 }

 public textfield()
  {
   super("Silahkan Anda Login :");
   setSize(300,120);
  
  Label t1 = new Label("Username :");
  f1 = new TextField("", 10);
  Label t2 = new Label("Password : ");
  f2 = new TextField("", 10);
  f2. setEchoChar('*');
  b = new Button("Login");
  info = new Label();

  Panel p1 = new Panel();
  p1.setLayout(new GridLayout(3,2));
  p1.add(t1);
  p1.add(f1);
  p1.add(t2);
  p1.add(f2);

  Panel p2 = new Panel();
  p2.setLayout(new GridLayout(1,2));
  p2.add(b);
  p2.add(info);
  add("North", p1);
  add("South", p2);
  b.addActionListener(new textfield.penangantombol());
  show();
 }

class penangantombol implements ActionListener
{
 public void actionPerformed(ActionEvent e)
 {
  String s = e.getActionCommand();
  if (s.equals("Login"))
  {
    String nama = f1.getText();
    String pin = f2.getText();
    if (nama.compareTo("aldika13") == 0 && pin.compareTo("qwerty") == 0)
       info.setText("Login berhasil..!");
   else
      info.setText("Login gagal...!");
   }
  }
 }
}

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Teknologi Terhadap Kemiskinan Penduduk Abad ke-21

Macam-Macam Software Desain Grafis dan Fungsinya

Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan aplikasi perangkat lunak bergerak