Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Perilaku Remaja

      Pengaruh Perkembangan Teknologi
 Terhadap Perilaku Remaja


Aldika Herold Saki
50417440






Prorgam Studi Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Gunadarma

BAB I Pendahuluan
A.      Latar Belakang
          Perkembangan teknologi di Era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan sangat mudah. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat sarana, salah satunya alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone, twitter, facebook, dan kompasiana.
          Memang sangat bagus bagi para remaja, karna bisa menambah wawasan,di  internet, kita dapat dengan sangat mudah menemukan seluruh informasi yang sangat penting diketahui oleh para pembaca. Inilah yang menyajikan kepada kita semua kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan tersebarnya seluruh informasi dalam kualitas yang hamper sempurna dalam waktu yang sangat cepat.
          kehidupan remaja tentu tidak sama seperti kehidupan remaja zaman dahulu. Saat ini banyak fasilitas atau hal hal tertentu yang membuatpara remaja merasa dimudahkan dan nyaman, namun tidak sedikit pula yang merugikan kehidupan mereka. Adanya teknologi modern seperti internet,ponsel,televise atau fasilitas game, bias berdampak dua macam bagi kehidupan remaja yaitu positif dan negative.

B.      Rumusan Masalah
1.      Apa saja yang disebabkan dari perkembangan IT terhadap perilaku remaja?
2.      Apa saja dampak Positif perkembangan IT terhadap perilaku remaja ?
3.      Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari perkembangan IT ?

C.      Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui apa yang membuat perkembangan teknologi menjadi dampak negatif bagi remaja.
2.      Untuk mengetahui dampak dampak positif teknologi terhadap perilaku remaja.
3.      untuk mengetahui cara mengatasi dampak negatif dari perkembangan IT























BAB II
 Pembahasan

A. Perilaku remaja setelah menerima perkembangan teknologi
            Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

            Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak hal yang menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak menyenangkan.Sopan santun berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon seluler (ponsel), dan email cenderung terabaikan. Penggunaan teknologi sering tidak memperhatikan etika berkomunikasi.
            Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini sering kali menimbulkan berbagai dampak negatif yang terkadang ditiru oleh kids zaman now antara lain :
1. Ketergantungan
Media komputer memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang   diberikan oleh penggunanya. Terlalu atraktifnya, membuat penggunanya  seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. kita bisa menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan bermain games yang ada.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan pada komputer. Karena segi isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan berbagai macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang menunjukan kekejaman dan kesadisan. Studi eksperimental menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa games yang di mainkan di komputer memiliki sifat menghancurkan yang lebih besar dibandingkan kekerasan yang ada di televisi ataupun kekerasan dalam kehidupan nyata sekalipun. Hal ini terjadi terutama pada anak-anak. Mereka akan memiliki kekurangan sensitivitas terhadap sesamanya, memicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak, dan bisa mengakibatkan dorongan kepada anak untuk bertindak kriminal seperti yang dilihatnya (meniru adegan kekerasan
3. Antisocial Behavior
Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan komputer adalah antisocial behavior. Dimana pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan komputer. Selain itu, pengguna komputer tersebut tidak peduli lagi apa yang terjadi disekitarnya, satu-satunya yang dapat menarik perhatiannya hanyalah komputer saja. Orang akan menjadi lebih jarang berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Lama kelamaan, seseorang akan sulit menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi.

B. Dampak positif teknologi terhadap perilaku remaja
Dampak positif dari perkembangan teknologi bagi remaja :
1.      Dengan adanya internet para remaja dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.      Dengan adanya internet sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email para remaja dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.      Mempermudah proses pembelajaran bagi para remaja khususnya dibidang pendidikan.
4.      Mempermudah komunikasi untuk menyambung silaturrahmi antar remaja satu dengan      lainnya.
5.      Memudahkan para remaja untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan     sehingga tidak perlu pergi ke tempat penawaran atau penjualan.
6.      Para remaja tidak gagap teknologi, remaja dapat mengikuti perkembangan Era Teknologisasi Dunia sehingga para remaja lebih produktif.

C. Cara Mengatasi Dampak Negatif Dari Perkembangan IT
Perkembangan teknologi membawa dampak negatif dalam hal kehidupan sosial anak. Banyak anak-anak menjadi pribadi yang “anti sosial”. Mereka terlalu cuek dengan lingkungan sekitar. Padahal di masa depan mereka, mereka harus menghadapi banyak orang dengan aneka pribadi. Sebagai orang tua, anda harus bisa mengarahkan anak agar memiliki pribadi yang “pro sosial”, artinya anak-anak harus memiliki ketrampilan dalam bergaul dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Agar anak memiliki ketrampilan ini, orang tua bisa melatih anak dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, mengajak anak berjalan-jalan keliling kampung atau komplek perumahan. Bila mendapatkan undangan arisan, pernikahan, dan acara-acara lainnya, orang tua bisa mengajak anak. Dengan demikian, anak-anak akan terbiasa berhadapan dengan orang baru dan tentu saja dengan pribadi yang unik.
Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi dampak negatif dari perkembangan IT antara lain :
1.      Masyarakat harus diberikan pemahaman tentang cara menggunakan teknologi informasi dengan baik dan tidak melanggar etika. Sehingga teknologi informasi dapat dimanfaatkan dengan semestinya.
2.      Pemerintah harus membuat suatu peraturan yang tegas terhadap setiap pelanggaran penggunaa teknologi informasi yang merugikan orang lain dan negara.
3.      Masyarakat juga harus di beri bimbingan untuk menggunakan teknologi yang di kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah di kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
4.      Atur waktu dan jadwal kegiatan menggunakan teknologi informasi. Agar tidak berlebihan dalam penggunaanya.
5.      Memperkuat nilai-nilai agama yang utamanya ditanamkan pada anak-anak dibawah umur.
6.      Peran Pemerintah sebagai pengendali sistem informasi harusnya lebih jeli untuk menyaring terhadap apa yang masyarakat akses di dunia maya.
7.      Bimbingan orang tua terhadap anaknya juga penting untuk mengendalikan serta menyaring apa saja yang anaknya akses didunia maya sehingga tidak melanggar nilai-nilai agama.
BAB III
Penutup
A. Kesimpulan
                        Dapat disimpulkan bahwa pada zaman dahulu berkomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir semua orang sekarang dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Sesuai dengan perkembangan zaman teknologi komunikasi semakin berkembang dan terus berkembang. Dengan adanya perkembangan yang semakin canggih kita dapat mudah terhubung dengan daerah – daerah lain dengan cepat dan mudah.
           
            Dan teknologi itu sama dengan sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yang pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan di segala bidang (dampak positif) sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke dalamkesengsaraan yang disebabkan oleh penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri (dampak negatif) oleh karena itu kemajuan teknologi itu bisa berdampak positif dan dapat pula berdampak negatif, tergantung ke arah mana kita menjalankannya.
           








Daftar Pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Teknologi Terhadap Kemiskinan Penduduk Abad ke-21

Macam-Macam Software Desain Grafis dan Fungsinya

Perangkat lunak disain grafis yang diperlukan dalam memperindah tampilan aplikasi perangkat lunak bergerak